Jasa Sewa Modem Jakarta Murah dan Berkualitas


Dunia networking semakin berkembang pesat sehingga membuat teknologi modem pun lebih maju. Seperti yang telah diketahui, modem sebenarnya sudah cukup lawas dan penggunaannya menurun dibanding saat pertama kali dirilis. Jika Anda membutuhkan gadget satu ini, maka bisa pilih jasa sewa modem Jakarta.

Terlebih jika kebutuhan akan modem hanya bersifat sementara, maka lebih baik menyewanya saja. Hal ini akan membuat pengeluaran untuk internet jadi lebih murah dibanding biasanya. Tidak sedikit yang lebih memilih menyewa modem dibanding memasang router.

Harga modem jelas lebih murah, bahkan mulai sekitar Rp300.000 ribuan saja. Namun jika ingin kualitas koneksi internet yang dihasilkan baik, maka sebaiknya pilih modem dari provider berkualitas. Hal tersebut dilakukan apabila jenis modem yang dipilih merupakan modem GSM yang dinilai lebih praktis.

Cara Kerja Modem dan Router

Terkadang orang awam menganggap modem dan router merupakan gadget yang sama. Padahal kenyataannya, keduanya merupakan perangkat berbeda. Router bekerja dengan menghubungkan beberapa perangkat sekaligus untuk melakukan pertukaran data.

Tidak hanya itu, router juga dapat mengatur alur data dan lalu lintas pada suatu networking internet. Sementara itu, modem atau modulator demodulator berfungsi untuk menghubungkan suatu gadget agar mendapatkan koneksi internet.

Adapun cara kerja modem adalah dengan mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Modem adalah pengubah sinyal data yang berasal dari sumber koneksi internet lalu diteruskan ke gadget lainnya. Singkatnya, tanpa sebuah modem maka suatu perangkat tidak dapat terhubung ke internet.

Perbedaan Modem dan Router

Anda mungkin terpikir untuk menggunakan jasa sewa modem Jakarta. Namun, tidak ada salahnya menambah pengetahuan tentang networking, khususnya yang membahas perbedaan antara router dan modem. 

Adapun perbedaan kedua gadget tersebut yang berkaitan dengan koneksi internet adalah sebagai berikut:

1. Jangkauan Network

Perlu diingat bahwa router hanya dapat menghubungkan perangkat dalam lingkup LAN atau Local Area Network. Sedangkan jangkauan modem jauh lebih luas karena melingkupi WAN atau Wide Area Network. Tak heran jika banyak yang membawa modem untuk mendapatkan koneksi internet di luar negeri.

2. Kemampuan Mengatur Lalu Lintas Data

Perbedaan berikutnya antara modem dan router terletak pada kemampuan mengatur lalu lintas data. Pada dasarnya, perangkat router yang memiliki fungsi krusial satu ini.

Gadget tersebut juga mengelola keamanan data dengan aturan-aturan khusus dalam suatu firewall. Sementara itu, modem tidak memiliki fitur mengatur lalu lintas data seperti router.

3. Kemampuan Menciptakan Koneksi Internet

Perlu diingat bahwa modem mampu berdiri sendiri sampai akhirnya tercipta koneksi internet. Berbeda dengan router dimana dalam kinerjanya membutuhkan modem agar bisa tersambung ke internet.

4. Kemampuan Memberikan Alamat IP

Adapun gadget yang bisa memberikan IP Address ke perangkat yang terhubung merupakan tugas dari router. Sedangkan modem tidak memiliki fungsi krusial satu ini.

Manfaat Menggunakan Modem di Kantor atau Rumah

Perlu diketahui bahwa modem dan router kerap kali menjadi satu. Dengan demikian, Anda bisa merasakan koneksi internet yang lebih maksimal untuk menunjang produktivitas. Terlebih jika menggunakan jasa sewa modem orbit Jakarta, pastinya gadget yang disediakan merupakan seri terbaru.

Penggunaan modem sudah tidak asing baik di lingkungan kantor maupun rumah. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat menerapkan modem di tempat Anda.

1. Pemasangan Lebih Cepat

Pemasangan modem jauh lebih cepat dan praktis dibanding gadget sejenis. Terlebih saat ini tutorial menggunakan modem bisa dilihat dengan mudah di internet. Namun jika Anda memilih untuk menyewanya, maka biasanya penyedia jasa yang akan memasangnya.

2. Harga Lebih Murah

Harga modem umumnya lebih murah, bahkan mulai 300 ribuan saja. Namun, tentunya untuk mendapatkan kualitas internet yang bagus perlu mengeluarkan biaya lebih. Jika ternyata budget terbatas, maka sebaiknya menyewanya saja di tempat yang terpercaya.

3. Tidak Memerlukan Perangkat Tambahan

Kelebihan berikutnya dari modem adalah tidak membutuhkan perangkat tambahan pada pengoperasiannya. Meski demikian, hal ini sebenarnya kembali lagi pada tipe modem yang digunakan. Misalnya jika menggunakan modem kabel, maka Anda harus menyiapkan kabel dan colokan yang sesuai.

Oleh karena itu, gunakan model modem yang praktis jika ingin menggunakannya kemana-mana. Kebanyakan tipe modem saat ini dibuat portable sehingga semakin memudahkan penggunanya.

Mengenal Jenis Modem yang Paling Direkomendasikan

Perlu diingat bahwa jenis modem memang sangat banyak. Tidak sedikit yang merasa bingung ketika harus memilih modem untuk pertama kalinya. Jika Anda sering menggunakan jasa sewa modem Jakarta, mungkin hal seperti ini tidak terlalu menjadi masalah.

Adapun jenis modem yang paling direkomendasikan adalah modem GSM, misalnya Orbit dari Telkomsel. Jenis modem GSM memiliki jaringan yang sangat luas sehingga sangat cocok dibawa traveling. Tidak sedikit yang membawa modem ketika bepergian ke luar kota, bahkan luar negeri.

Jenis jaringan yang didukung pun lebih canggih sehingga menghasilkan kecepatan internet yang mumpuni. Tidak hanya itu, harga modem GSM umumnya juga jauh lebih murah dan bisa didapatkan secara mudah. Baik secara online melalui marketplace maupun membeli langsung di toko elektronik.

Keuntungan Rental Modem GSM di Tempat Sewa Modem Jakarta

Apabila dana yang Anda miliki terbatas, maka tidak ada salahnya menyewa modem saja. Hal ini jelas lebih menguntungkan apabila hanya membutuhkan modem untuk sementara waktu. Terlebih jika modem yang diinginkan harganya cukup mahal, maka sebaiknya menyewanya saja dalam durasi tertentu.

Adapun beberapa kelebihan yang bisa didapatkan jika menyewa modem adalah sebagai berikut.

1. Modem Sudah Terpasang

Jika Anda masih awam tentang cara memasang modem, maka pihak penyedia jasa sewa akan memasangkannya. Dengan demikian, pengguna bisa segera memanfaatkan koneksi internet yang dihasilkan. 

Proses pengaktifan modem juga berlangsung cepat sehingga tidak membuang-buang banyak waktu.

2. Harga Sewa Relatif Terjangkau

Adapun untuk harga modem itu sendiri saja sudah termasuk terjangkau. Namun, hal ini kembali lagi pada tipe dan durasi sewa modem itu sendiri. Banyak yang merasa terbantu dengan keberadaan jasa sewa modem karena efektif menunjang produktivitas.

Jika Anda membutuhkan modem untuk di kantor, maka menyewanya bisa lebih menghemat biaya operasional. Terlebih jika kebutuhan akan modem hanya untuk beberapa bulan saja. Maka tidak perlu ragu menyewa modem yang harganya sesuai budget yang dimiliki.

3. Unit Modem Lengkap

Pada dasarnya, tempat sewa yang berkualitas akan menyediakan unit modem lengkap. Di dalamnya sudah termasuk adaptor, kartu provider, dan tas. Oleh karena itu, sebaiknya cek kembali apakah modem yang disewakan unitnya lengkap atau tidak.

Jika ternyata lengkap, tentunya hal ini bisa membuat penggunaan internet jadi lebih maksimal dibanding sebelumnya.

Menyewa modem Orbit H1 atau TP-Link seri terbaru bisa dibooking di Jasa Sewa Semarang. Harga sewa modem Jakarta jauh lebih murah dengan kelengkapan unit yang terjamin. Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai jenis modem paling tepat untuk kantor atau rumah. 

Baca Juga

Postingan Terkait

Cari Blog Ini

kamimengundang.id